Pembongkaran Makam Tan Malaka Batal

INILAH.COM, Kediri – Pelaksanaan pembongkaran makam yang dipercaya milik Tan Malaka di Desa Selopanggung, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, dipastikan ditunda hingga usai Idul Fitri 1430 H. Walaupun begitu, warga setempat sudah mempersiapkan diri.

Warga menggelar kerja bakti bersama memperlebar dan membersihkan jalan setapak menuju lokasi pemakaman. “Kemarin kita bekerja bakti bersama melebarkan dan membersihkan jalan ke makam. Khusunya undakan-undakan ke bawah yang dulu sempit, kini sudah bagus,” ujar Saimin, warga sekitar, Rabu (19/8) siang.

Saimin, sebagai warga yang dekat mengaku senang apabila makam yang diduga kuat milik Tan Malaka, sang pejuang kemerdekaan itu memang benar. Pasalnya, warga akan tetap mempertahankan, dan lokasi itu nantinya dapat menjadi salah satu tempat kunjungan masyarakat yang datang dari segala penjuru Indonesia, bahkan dunia.

Sementara itu, ketida pastian pelaksanaan pembongkaran makam itu justru membuat pihak kepolisian jengkel. Nur Ali, salah satu anggota Polsek Semen mengatakan, petugas kerap kali terkecoh dengan kabar pembongkaran yang tidak pasti itu.

“Kami sendiri ditabrak (ditanya) Polres Kediri, karena dianggap yang paling dekat. Sedangkan kami juga tidak jelas kapan kepastian pelaksanaan pembongkarannya. Mengingat, pihak-pihak yang terlibat langsung dari pusat. Bahkan, tim forensiknya juga ada yang dari Belanda,” pungkasnya. [beritajatim.com/nuz]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s