Sifat-sifat Terpuji

Buku : Menyingkap Tabir Ilahi
Pengarang : M. Quraish Shihab

Kalau sifat-sifat baik dan terpuji yang disandang manusia/makhluk, seperti hidup, kuasa, pengetahuan, pendengaran, penglihatan, kemulian, kasih sayang dan sebagainya, maka pastilah Yang Maha Kuasapun memiliki sifat-sfat baik dan terpuji dalam kapasitas dan substansi yang lebi sempurna, karena jika tidak demikian, apa arti kebutuhan manusia kepada-Nya?. Suatu hal yang pasti juga bahwa Dia tidak meungkin menyandang sifat kekurangan, karena manusia tidak membayangkan Tuhan yang didambakan memenuhi kebutuhannya itu, lemah atau memiliki kekurangan. Dia pasti sempurna dan tidak terbatas, karena tidak ada yang terbatas keculai ada yang membatasinya, dengan memaksanya berhenti pada batas yang ditetapkan. Karena itu Tuhan tidak terbatas, bahkan Dialah yang memberi batas bagi segala sesuatu. Demikian, sebagian hasil analisi nalar.

Dari al-Quran kita dapat menemukan uraian yang lebih rinci. terdapat empat ayat yang menggunakan redaksi Asmaul Husna yaitu :

Qs. Al- A’raf 7 : 180
“Hanya milik Allah Asmaul Husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut Asmaul Husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.”

Qs. Al-isra 17 : 110
“Katakanlah: serulah Allah Ar-Rahman. Dengan nama yang mana saja kamu seru, Dia mempunyai Asmaul Husna (nama-nama yang terbaik) dan janganlah kamu mengeraskan suarumu dalam shalatmu dan jangan pula merendahkannya dan carilah jalan tengah di antara kedua itu.”

Qs. Thaha 20 : 110
“Dialah Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia, Dia mempunyai Asmaul Husna (nama-nama yang terbaik)”.

Qs. Al- Hashr 59 : 24
“Dialah Allha Yang Menciptakan, yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Yang Mempunyai Nama-Nama yang Paling baik. Bertasbih kepada-Nya apa yang ada di alagit dan di bumi, Dan Dia-lah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s